Friday, July 15, 2011

14 Orang Terkaya di Indonesia


KOMPAS.com Tahun ini, dua bersaudara pewaris perusahaan Djarum masih menjadi orang terkaya di Indonesia. Berdasarkan 2011 Billionaires List yang dikeluarkan Forbes, Rabu (9/3/2011) waktu setempat, posisi ke-1 dan ke-2 orang terkaya di Indonesia ditempati Budi Hartono dan Michael Hartono. Mereka sama-sama memiliki harta senilai 5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 45 triliun (kurs Rp 9.000 per dollar AS). Keduanya berada di posisi ke-208 dari 1.210 orang terkaya sejagat.
Dibanding dari kepulan asap rokok Djarum, pundi-pundi kekayaan mereka sebagian besar berasal dari Bank Central Asia. Selain itu, mereka juga menguasai perkebunan sawit seluas 65.000 hektar di Kalimantan Barat sejak tahun 2008. Keduanya juga memiliki properti Grand Indonesia. Djarum yang sudah dilarang di Amerika Serikat sejak 2009 bersama sejumlah rokok kretek lainnya meluncurkan Dos Hermanos, sebuah cerutu premium hasil racikan tembakau Indonesia dan Brasil.
Di posisi ketiga orang terkaya di Indonesia atau urutan ke-304 dunia ada Low Tuck Kwong dengan kekayaaan senilai 3,6 miliar dollar AS. Mesin uang pria berusia 62 tahun ini berasal dari Bayan Resources. Saham perusahaan tambang ini sudah meningkat tiga kali lipat dibanding saat IPO tahun 2008. Belum lama ini Bayan mengeluarkan 270 juta dollar AS untuk mengakuisisi tambang Australia. Pria kelahiran Singapura ini pindah ke Indonesia tahun 1972. Ia juga memiliki saham di Manhattan Resources dan Singapore HealthPartners.
Tempat keempat (ke-420 dunia) diduduki Martua Sitorus dengan kekayaan 2,7 miliar dollar AS. Pria yang bertempat tinggal di Singapura ini memiliki Wilmar International, perusahaan penghasil minyak sawit nomor satu dunia.
Berikut urutan lengkap WNI yang masuk ke dalam daftar orang terkaya 2011 versi Forbes:
5. (488) Peter Sondakh (Grup Rajawali), kekayaan 2,4 miliar dollar AS.
6. (564) Sri Prakash Lohia (Indorama), kekayaan 2,1 miliar dollar AS.
7. (595) Kiki Barki (Harum Energy), kekayaan 2 miliar dollar AS.
8. (651) Sukanto Tanoto (Raja Garuda Emas), kekayaan 1,9 dollar AS.
9. (782) Edwin Soeryadjaya (Saratoga), kekayaan 1,6 miliar dollar AS.
10. (833) Garibaldi Thohir (Adaro Energy), kekayaan 1,5 miliar dollar AS.
11. (938) Theodore Rachmat (Adaro Energy), kekayaan 1,3 miliar dollar AS.
12. (1057) Chairul Tanjung (Para Group), kekayaan 1,1 miliar dollar AS.
13. (1057) Murdaya Poo (Metropolitan Kentjana), kekayaan 1,1 miliar dollar AS.
14. (1140) Benny Subianto (Adaro Energy), kekayaan 1 miliar dollar AS.

Tuesday, July 12, 2011

Mengapa Harus Bertahan jika Tersakiti " huhuhu


Cinta adalah hak asasi setiap insan. Cinta adalah kebebasan yang selalu membuat kita bersemangat menjalani kehidupan. Sebenarnya tak ada setiap orang pun yang bisa mengartikan apa itu cinta, karena cinta hanya bisa dirasakan. Artikel ini adalah hasil karyaku sendiri, berasal dari pengalaman hidupku selama kurang lebih 19 tahun ini. Aku hanya seorang wanita yang tak punya kelebihan yang berarti jika dibandingkan dengan wanita yang lain. aku juga memiliki kekurangan yang sangat cukup membuatku lelah. tapi asal kalian tahu bahwa kelebhan dan ekurangan setiap orang bergantung pada sikap dan manfaat dirinya bagi orang lain. karena sebaik-baiknya manusia dia adalah orang yang bermanfaat bagi sesamanya. 
Cukup untuk pengenalannya,, mari kita beranjak ke materi hehe^^
Definisi tentang cinta menurutku adalah keegoisan. Manusia adalah makhluk individu, kalian tahu bahwa sebagai makhluk individu manusia pada dasarnya memiliki sikap egois tetapi kadar keegoisan di antara manusia itu berbeda. Kalian pernah merasakan sakit hati karena pacar ??? aku yakin pasti kalian 99% menjawab IYA. Sakit hati bisa terjadi karena ada sesuatu hal yang tidak kita inginkan tetapi malah terjadi atau pendek katanya  keinginan yang tidak tercapai dalam hubungan. Biasanya sakit hati dalam hubungan asmara dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu:

  • Jealous (cemburu)
Aku yakin bagi kalian yang pernah pacaran pernah merasakan rasa yang sau ini . Gimana rasanya enak kan ?? hehe rasa jealous memang kerap terjadi di dalam suatu hubungan. Jika pacar kalian yang tak pernah merasa jealous jika kalian dekat dengan cow/cew lain hal itu perlu dipertanyakan .. Masih kah dia mencintai mu ??? Jealous adaah hal yang sangat2 lumrah dalam hubungan pacaran, karena jealous salah satu indikator untuk mengukur seberapa ingin kah seseorang bersama pacar nya. Tetapi sudah aku jelaskan sebelumnya bahwa setiap orang memiliki level keegoisan yang berbeda. Jika tingkat keegoisannya itu tinggi maka rasa jealous pada seseorang yang dia inginkan juga tinggi. Bisa dikatakan Jealous itu berbanding lurus dengan tingkat keegoisan. 
  • Possesive (ingin memiliki seutuhnya)
Apakah diantara kalian pernah bersikap atau merasakan dampak dari sikap yang satu ini ??? Gimana kah rasanya ?? aku juga pernah mengalami kategori ini . Manusia adalah makhluk sosial. Mereka memiliki kebebasan untuk berinteraksi dengan orang lain. Dalam pacaran, kategori ini memiliki efek negatif dan juga positif. Jika kalian mengalami dampak dari perlakuan possesive, hal pertama yang akan kalian katakan pasti 
"AKU GAG NYAMAN" nach,, bagi kalian yang bertindak possesive setelah pacar kalian berkata seperti itu apa reaksi kamu ?? tentu saja merasa bersalah bukan ?? Seperti Jealous, Possesive juga hal yang lumrah dalam pacaran. Semakin tinggi keinginan kalian untuk memiliki seutuhnya pacar kalian, maka semakin tinggi pula tingkat possesive kamu.Perlu anda buktikan !! hehe Seperti yang sudah aku paparkan di atas ada dampak positif dan negatif sikap possesive itu, simak aja dampaknya berikut ini :
  • Dampak Positif
  1. Pacar kamu akan merasa diperhatikan, sehingga akan timbul rasa senang di hati pacar kamu
  2. Mengurangi resiko perselingkuhan, jika pacar kamu dikontrol dengan baik maka tingkat penyelewengan dengan cew/cow lain semakin berkurang
  3. Timbul rasa dibutuhkan di hati pacar kamu, jika kamu selalu diperhatikan oleh pacarmu aku yakin kamu akan merasa dibutuhkan olehnya
  • Dampak Negatif
  1. Bagi yang merasa menjadi korban dari kepossesivan pacar kamu pasti akan merasa tidak nyaman dan tidak
  2. Mungkin kamu yang bersikap possesive akan di cap sebagai satpam yang selalu mengatur dan mengawasinya setiap saat
  • Komunikasi 1 Arah 
Udah cerita panjang lebar malah tidak digubris. Tak ada sepatah kata pun yang dia tujukan pada kita. Kalau kamu mengalami hal itu bagaimana perasaanmu ??? kasihan sekali hehe
Seseorang akan merasa dihargai jika saat dia bicara pada seseorang, orang itu mendengarkannya. Bukan untuk pacar saja, untuk semua orang juga seerti itu. Karena hal itu merupakan sopan santun. Hubungan jika  tidak ada rasa saling menghargai maka hubungan itu tidak akan awet. Setiap orang tidak akan merasa senang jika mengalami hal ini salah satunya adalah aku. kalian juga begitu bukan ??? kalau pacar kalian bersikap seperti itu ada hal2 yang melatar belakangi, beberapa diantaranya adalah :
  1. Pacar anda menganggap kalau obrolan atau crita yang kamu sampaikan tidak penting, jadi omongan kamu tidak digubris
  2. Pacar kamu tidak mengerti maksut yang kamu sampaikan, jadi dia bingung memberikan respon apa
  3. Crita yang kamu sampaikan itu2 aja, jadi pacar kalian bosan mendengarnya
  4. Saat kamu bicara , pikiran pacar kamu tidak ada di situ tapi melarikan diri ke tempat lain
  • Kelebihan YES, Kekurangan NO
Pernah merasa sakit hati gara2 pacar tidak mau menerima kekurangan kita ?? manusia tidak akan pernah merasa puas. Jiak dia sudah mendapatkan sesuatu yang diinginkan, maka keinginan yang lain tidak akan ketinggalan. Tetapi hal ini lah yang membuat manusia itu sukses. Dari sifat yang tidak pernah merasa puas ini lah manusia akan merasa termotivasi untuk berbuat yang lebih baik lagi. Memang dalam hal pacaran sikap ini mengundang banyak pro dan kontra. Karena hal ini tergantung dari pribadinya masing2. Tetapi dalam versi ku ini aku akan menyampaikan opiniku kenapa pro dan kenapa kontra. Aku setuju dan di pihak pro karena jika kita di kritik oleh orang lain, kita akan termotivasi untuk menjadi lebih baik. Dan aku berada di pihak kontra karena jika pacar selalu mengkritik kekurangan kita, dia merasa tidak bangga dan malu ketika bersama dengan kita. Itu hanya kemungkinan kecil, karena setiap orang itu berbeda dan punya berjuta2 alasan ketika melakukan sesuatu. 

Artikel di atas hanya sedikit pendapatku tentang cinta dan sakit hati, semoga bermanfaat buat kalian yang menjalin sebuah hubungan agar bisa memilih hal-hal apa saja yang sebaiknya/tidak dilakukan ^^

Saturday, July 9, 2011

Lowongan Kerja Bapetanas Juli 2011

Kamu tahu kepanjangan dari Bapetanas ?? Pengen kerja di Bapetanas ????
Sabar ya....... ^^
Bapetanas singkatan dari " Badan Pelaksana Seleksi Tenaga Kerja Nasional "
Mungkin di antara kamu belum pernah terfikir untuk kerja di sana,, Tapi sekarang Bapetanas membuka lowongan kerja baru lho... Bagi yang berminat buruan daftar dan sebelum melamar baca dulu persyaratan apa saja yang harus dimiliki oleh calon pelamar ^^ read more

Penerimaan Pegawai Bank Mandiri Juli 2011


Khusus buat kamu2 yang masih nganggur di rumah,, mungkin di antara kalian ada yang bercita2 jadi seorang karyawan Bank. Udah kerja nya di tempat yang nyaman, dikelilingi banyak duit tapi itu duit orang lho jangan coba2 ' ...... ' hehe ,, so lowongan kerja yang satu ini semoga cocok buat kamu.. Dengan modal pendidikan minimal D3 dan mempunyai etos kerja yang baik,, bertanggung jawab juga memiliki inovasi yang tinggi , mungkin kalian salah satu calon yang dicari.. Makanya buruan nglamar,, aku yakin juga banyak yang berminat di sini makanya jangan buang2 kesempatan ^^ read more

Lowongan Kerja Cibinong Bogor Juli 2011; CV Bangun Cipta Selaras


Job on the CV. Bangun Cipta Selaras
Description: Our company is engaged in General Supplier & Engineering.
Jobs for:
1. marketing
2. administration
3. courier
Work Location at: Cibinong – Kab Bogor
requirements:
Minimum SMU/SMK or equivalent
Maximum 22-year-old (single precedence)
Look attractive as well as physically and mentally healthy
Domiciled in Cibinong, Bogor and its surroundings.
Please send application and CV via email: corp@bcsjkt.co.in
Include in the cover letter, you get this job vacancy information on how and from which source (from what websites or newspapers or anything else).
This job was closed on 5 September 2011

Lowongan Kerja SMU Jakarta Juli 2011; Labodia Prima


Job at Labodia Prima
Description: Our company is engaged in the sale and maintenance of laboratory equipment and health, with customers across the country.

Jobs for: Marketing Executive (MAR)
Work Location: Jakarta North

requirements:
Male / Female
Age Max. 30 yrs
Education min. 
SMU
Experience is preferred


Jobs can be sent via mail to
HRD Labodia Prima
Komp. Gading Bukit Indah Blok Q No.15
Jl. Bulevar Artha Gading – Kelapa Gading
Jakarta Utara – 14240

or via email at
rekrutmen.ldp @ gmail.com
recruitment [dot] LDP [at] gmail [dot] com

(Email prepotent 3 Mb, will be automatically deleted)
Include in the cover letter, you get this job vacancy information on how and from which source (from what websites or newspapers or anything else).

This job was closed on 5 September 2011

Lowongan Kerja Tangerang Juli 2011; PT Primewood


Job with position of Marketing Executive at PT. Primewood
Location: Tangerang


We are Looking for a Marketing Executive with area of specialization in sales of laminate flooring and decorative laminates.


* D3/S1 or equivalent from any discipline
* Having at least 2 years experience in sales or marketing
* Medium proficiency spoken and written in English
* Male/Female
* Proficient with PC & MS Office
* Preferable lived at Tangerang


Please send your resume with your recent photograph to info@egasentosajaya.com

Friday, July 8, 2011

Lowongan Kerja Engineer Telekomunikasi Juli 2011; PT Kentana


Job with the position of Engineer, Telecommunications at PT Kentana
Location: Jakarta


Engineer, Telecommunications
Requirements :
Male
Minimum D3
Mastering the Alcatel/Ericsson/Nokia-Siemens
Ability to work in a team/ independently and able to communicate well
Fluent in English both active and passive preferred
Have the ability to analyze problems and good decision-making
Master Program (Microsoft Office, Internet)
Willing to be placed throughout the territory of Indonesia
Able to work under pressure



Responsibilities :
Engineer of BTS
Engineer of Transmission
Engineer of FO



Please send your application letter and CV by email to:
hrd@kentana.net

Lowongan Kerja CIMB Niaga Juli 2011; Administrasi


Job with the position ADMINISTRATION STAFF (ADM) in PT CIMB Niaga Auto Finance
Location: Medan


ADMINISTRATION STAFF (ADM) MEDAN
Requirements:
Male / Female, age max. 30 years, education min D3
Experienced in multi-finance companies according to their field min 1 year
Mastering the field collection system administration, operations, and marketing
Mastering Microsoft Office, Excel, Power Point
Able to work under pressure and target oriented
Placement: Medan

Send complete resume, CV and photo to recruitment@niagafinance.com
Include the job code in the subject field “ADM Medan”

We wait at least 2 weeks

Lowongan Kerja STM S1 Teknik Sipil Juli 2011; PT Putra Citanusa


Job with the position of Supervisor Project at PT Putra Citanusa
Location: Jakarta


Supervisor Project
Requirements:
STM/S1 majoring in Civil Engineering Education
Having min 2 years experience in same field
Can work under pressure
Able to work together
Honest, responsible, loyal, and creative
Willing to be placed outside the city

Please send photos, cover letter, resume and transcript to the value
hrd@citanusa.co.id
(accompanied by the title of “Supervisor” in subject line)

Lowongan Kerja S1 Hukum Hotel Turis Juli 2011; PT Puri Insanasih


Job with position of Personnel Staff at PT. Puri Insanasih
Location: Jakarta Timur


Personnel Staff
Qualification :
Female,age up to 28
Min S1, Law/Management/Hotel/Tourism
relevant experience
Unmarried
Having minimum 2 years
Fluent in english is a must
Having pleasant personality



Please send your application letter & comprehensive resume,not later 2 weeks after this publication to
HRD PT PIA
Jl. Matraman Raya No.163
Jakarta Timur or to :
hrdpia@hotelbumiasih.com

Lowongan Kerja Internet Juli 2011


Vacancy in Surabaya Online Shop
Description: Surabaya Online Shop is an online store that sells goods and fancy dolls.
Along with the development of our company require an employee to join our company.



Jobs for: Online Sales
Work Location at: Surabaya

Requirements:
Women (Max 23 yrs)
Min high school education, D3, Lecture
Have a good comprehension
Computer literate with good
Mastering MS. Word & MS. Excel
Advanced Internet (Browsing, Google, Facebook, IM, Kaskus, WordPress, Blogger, etc.)
Mastering Adobe Photoshop basic level
Mastering Web Design (more precedence)
Willing to work the night shif (17:00 till 21:00)



Send application and CV via email to:
upermadi@gmail.com
Include in the cover letter, you get this job vacancy information on how and from which source (from what websites or newspapers or anything else).

This job was closed on September 1, 2011

Lowongan Kerja Pajak Juli 2011; PT Digital Indonesia


Vacancy at PT. Digital Indonesia
Description: The company is engaged in General Trading and Advertising Services

Address:
Jl. Daan Mogot KM 18 Kali Deres
Jakarta Barat



Jobs for:
1. Accounting & Tax (AT)
2. Information Technology (IT)
Work Location: Jakarta

Requirements:
1. Accounting & Tax (AT)

Women, experience of at least 3-5 years
Minimum S1/D3 Accounting / Taxation
Daan Mogot domicile and the surrounding



2. Information Technology (IT)


Men, experience of at least 2-3 years
Minimal S1 / D3 (more on the priority that understands multimedia)

Send application and CV via email to:
HRD PT. Digital Indonesia
email to: acctgfin@yahoo.com
Include in the cover letter, you get this job vacancy information on how and from which source (from what websites or newspapers or anything else).

This job was closed on August 1, 2011

Lowongan Kerja Akuntansi Juli 2011; PT Teknologi Riset Global Investama


Job with Accounting position at PT Teknologi Riset Global Investama (TRG)
Location: Jakarta


Accounting
Requirements :
Male
Candidate must possess at least a Diploma or Bachelor’s Degree in Economics, Finance/Accountancy/Banking or Equivalent
Minimal 1 year experience in the same position
Able to work with team
Able to work under minimum supervision
Accurate, can work in detail

Send complete application, current CV & photograph to:
Jl. Letjen MT Haryono Kav.23
Gd Menara MTH Lt.12 Tebet Timur, Jakarta 12820
or
e-mail: recruitment@trg.co.id

www.trg.co.id

Wednesday, July 6, 2011

Tips Mengatasi Bibir Hitam


Mengatasi Bibir hitam? Pertama-tama ketahuilah terlebih dahulu penyebab dari bibir yang warnannya cenderung menghitam, kusam dan tidak cerah.
Bibir hitam adalah masalah umum yang disebabkan oleh asupan yang berlebihan dari teh atau kopi, merokok, paparan sinar matahari yang berlebihan, kulit kering, riasan salah dan make-up tebal, menggunakan produk merek lipstik murah dengan keharuman, alergi dan kekeringan.
Jadi, hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan bibir gelap adalah berhenti teh atau kopi berlebihan, merokok, menggunakan lipstick murah, paparan sinar matahari dan hindari menjilati bibir.
Selain itu anda dapat mengikuti tips-tips mudah yang dapat dilakukan dirumah untuk mengatasi bibir hitam dan memiliki bibir yang bagus dan indah. Anda dapat memilih cara-cara yang cocok untuk anda.1. Gosok bibir Anda dengan sikat gigi setiap malam setelah Anda menyikat gigi Anda untuk menghapus kulit mati dari bibir Anda
2. Gunakan jus lemon dengan minyak almond atau gliserin setiap malam di bibir Anda.
3. Sebelum menggunakan lipstik setiap melakukan uji tempel dengan menerapkan pada lengan Anda. Jangan gunakan lipstik yang jika ada semacam iritasi atau ketidaknyamanan lainnya.
4. Selalu menghapus lipstik setiap malam sebelum tidur.
5. Terapkan santan segar di wajah dan bibir. Hal ini memberikan cahaya untuk kulit anda dan menghindari bibir mulai gelap atau kering.
6. Terapkan Vaseline ke bibir Anda secara teratur.
7. Terapkan jus lemon setiap hari ke bibir Anda, untuk mengembalikan kecerahan warna bibir anda sedikit demi sedikit.
8. Jangan gunakan lipstik yang sudah lama (kadaluwarsa).
9. Oleskan madu pada bibir gelap Anda selama sekitar 15 menit dan kemudian bilas dengan air.
10. Oleskan pasta gigi pada bibir gelap Anda selama 3 menit sebelum mandi atau mandi.
11. Menggunakan lapisan minyak zaitun dan biarkan selama beberapa jam. baik dilakukan sebelum tidur.
12. Pijat bibir setiap malam dengan campuran 1 / 2 sdt. Gliserin dan 1 / 2 sdt. Minyak jarak dengan 1 / 2 sdt. jus Lemon dan biarkan semalam.
13. Selalu mengkonsumsi banyak sayuran, buah dan air.
14. Jika Anda menggunakan lipstik, gunakan sebaiknya lipstik bermerek yang terjamin kualitasnya, dan tidak menggunakannya ketika tanggal telah kedaluwarsa. (lebih baik memiliki sedikit lipstik dengan kualitas terjamin, dibanding memiliki banyak yang tak tentu kualitasnya)
15. Jika Anda akan berada untuk waktu yang lama di bawah sinar matahari, gunakan pelindung UV pada lipstik Anda.
Jika aneka tips dan solusi ini tidak bekerja dan anda masih terus terganggu dengan kegelapan dari bibir, cobalah untuk berkonsultasi dengan spesialis kulit.

Tuesday, July 5, 2011

Baru tiga bulan berjalan, Fitria sudah hampir putus asa menjalankan usahanya. Pasalnya, rumah makan miliknya terus mengalami kerugian. Padahal ia sudah cukup yakin dengan pemilihan lokasi yang sangat strategis dengan tempat parkir luas. Segala cara promosi sudah dipraktekkan tapi tetap saja tak ada perubahan, termasuk meniru cara-cara promosi rumah makan saingannya yang ramai pelanggan. Tetap saja perubahan tak kunjung datang. Apa yang salah dengan Fitria?

Menurut Praktisi Marketing DR. Freddy Rangkuti, program promosi harus direncanakan dengan baik. Kalau hanya meniru apa yang dilakukan pesaing, maka bisa dipastikan kegiatan promosi tidak berdampak pada penjualan. Ia juga menambahkan, sekarang sudah tidak jamannya lagi melakukan kegiatan promosi dengan “menjual produk”, seperti dikutip dari kolom Konsultasi Marketing Majalah DUIT!.

Perlu diingat bahwa pelanggan akan meninggalkan suatu bisnis karena suatu alasan, “para produsen tidak memberi cukup perhatian dan penghargaan.” Tidak ada salahnya bila para pelanggan yang menyumbang pemasukan terbesar mendapat perhatian istimewa.

Freddy mengatakan, pada prinsipnya kiat menyusun strategi promosi yang kreatif dan terintegrasi berpedoman pada tiga hal, yaitu Save, Free, Win. Save dalam artian pelanggan mendapatkan keuntungan dari penghematan yang diperoleh apabila membeli suatu produk. Misalnya, beli satu dapat dua, atau belanja senilai Rp20.000 mendapat vocer Rp20.000 (yang dapat dipakai untuk pembelanjaan berikutnya).

Lain halnya dengan Free, pada cara ini pelanggan mendapatkan kompensasi gratis bila transaksi telah mencapai nilai tertentu. Misalnya, makan senilai Rp200.000 berhak menjadi member rumah makan Anda. Member ini akan mendapat diskon 30% setiap kali makan. Dan Win, merupakan kiat yang masih populer digunakan oleh produsen untuk menarik pelanggan. Misalnya, undian yang dilakukan secara periodik.

Namun demikian, strategi “word of mouth” dianggap masih menjadi yang terbaik dalam hal pemasaran. Sejatinya dalam word of mouth, pelanggan menjadi “staf marketing” usaha Anda. Namun untuk merealisasikan hal tersebut memang butuh kreatifitas. Agar kegiatan promosi berefek pada word of mouth, puaskan pelanggan, biar mereka loyal perbaiki faktor-faktor yang membuat pelanggan kecewa. Perhatikan juga kecepatan pelayanan, keramahan, rasa, harga sampai waktu pelanggan selesai makan.

Kalau sudah sampai tahap ini, biaya tinggi untuk promosi otomatis bisa dipangkas. Bisnis dengan bujet biaya promosi yang kelewat tinggi akan mengurangi keuntungan. “Kalau sudah begini, buat apa pelanggan banyak tapi laba sedikit?” ungkap Freddy.

Untuk menjadi word of mouth, strategi yang sedikit keluar dari pakem juga bisa dipraktekkan. Misalnya, fenomena sulitnya mendapatkan es krim Magnum yang melanda banyak penikmat es krim terutama kaum hawa. Dalam iklannya di tv, divisualisasikan wanita yang mencicipi es krim tersebut bak putri dalam sehari. Anehnya, di pasaran es krim ini sangat sulit ditemukan. Namun tetap saja es krim yang konon harganya hanya Rp10.000 menjadi target buruan.

Strategi komunikasi dari mulut ke mulut ini dipersepsikan oleh konsumen sebagai sumber yang lebih dapat dipercaya, karena pengirim pesan diasumsikan tidak mempunyai hubungan dengan produsen dan tidak sedang menjual. Para pengirim pesan word of mouth, lebih jujur dan obyektif karena mereka dalam kondisi berbagi pengalaman.

Lalu bagaimana dengan usaha rumahan? Karena rumah yang dijadikan sebagai pusat aktivitas usaha belum tentu strategis. Freddy menjelaskan, selain strategi word of mouth Anda juga bisa memanfaatkan tetangga di sekitar rumah. Dengan push strategy, yaitu membina orang-orang yang nantinya akan memasarkan produk Anda. Misalnya, bekerjasama dengan guru TK, kelompok ibu-ibu arisan. Orang-orang tersebut ibarat distributor. Maka jangan segan untuk memberi bonus jika hasil kerjanya memuaskan.
Maksimalkan Internet

Memasuki era dunia digital banyak sendi-sendi kehidupan yang mau tak mau ikut berubah. Jika dulu sistem pemasaran sangat mengandalkan metode offline dimana antara penjual dan pembeli masih bertatap muka. Kini dengan menjamurnya media sosial dan internet maka jarak dan waktu dapat dipangkas. Di situs resmi franchise swalayan Indomaret (www.indomaret.co.id), investor yang berminat menjadi franchisee Indomaret dapat langsung mengisi formulir pendaftaran. Kemudian pihak Indomaret akan menghubungi calon franchisee. Bahkan untuk menyewa lahan teras Indomaret bisa dilakukan secara online. Setidaknya dalam sehari calon franchisee yang mendaftar online mencapai 20 hingga 50 orang.

Seperti halnya Indomaret, franchise cuci mobil Auto Bridal juga memiliki fasilitas pendaftaran online. Tak hanya itu, Auto Bridal menawarkan fasilitas pengecekan omzet secara real time. Para franchisee terlebih dulu memasukkan password lebih dulu di menu Omzet. “Menu Omzet iniuntuk melihat omzet harian para franchisee dari seluruh Indonesia. Setiap kali ada transaksi akan tercatat otomatis bahkan dalam hitungan detik,” ujar Derry Viria, Vice President Auto Bridal. Namun tak semua franchisee yang bisa melakukan hal tersebut. Hanya franchisee yang memiliki kategori Bintang 4 dan Bintang 5 yang memiliki hak untuk mengaksesnya.

Jika sudah mengenal apa kreativitas, lalu bagaimana mendapatkan ide-ide yang kreatif untuk direalisasikan pada bisnis Anda. Menurut Chief Creative Officer OMG Yoris Sebastian, “Creativity comes when you have lots of fun.”

Ia menjelaskan, bahwa untuk mendapatkan ide-ide kreatif terkadang harus mencoba hal-hal yang diluar pakem. Pernah sewaktu ia masih bekerja di Hard Rock Cafe, ia banyak memiliki ide yang segar dan liar karena saat rapat dilakukan di tempat yang beda. “Pernah kita meeting di Dunia Fantasi (Dufan). Jadi pas mulai stagnan ide, kita pergi main boom-boom car setelah itu meeting lagi,” ujar penulis Creative Junkies ini. (AF)






http://www.majalahduit.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2400:marketing-kreatif-pelanggan-penasaran&catid=80:kolom&Itemid=76

Investasi di Alfamart Lewat Pasar Modal

Untuk bisa memiliki minimarket Alfamart ada satu cara baru. Beli saja sahamnya di PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Alternatif ini baru bisa diperoleh ketika saham PT Sumber Alfaria Trijaya –perusahaan pengelola Alfamarat-- sudah tercatatkan di BEI mulai Januari 2009.

Namun memiliki saham Alfamart tentu akan berbeda dengan memiliki gerai minimarketnya. Dengan memiliki saham perseroan (Sumber Alfaria Trijaya), investor bukanlah pengelola aktif. Tetapi bagaimanapun ini alternatif yang patut dipertimbangkan. 

Menurut rencana, penawaran saham perdana (IPO/Initial Public Offering) PT Sumber Alfaria Trijaya akan dilaksanakan pada 7-9 Januari 2009. Sahamnya sendiri rencananya akan mulai dicatatkan di BEI per 15 Januari 2009. Tetapi investor sudah bisa memiliki saham Alfamart pada saat IPO. Jadi, buat para peminat, sudah saatnya siap-siap untuk memiliki saham Alfamart.

Dalam prospektus yang disiarkan di sebuah koran, disebutkan, hasil penjualan saham itu akan digunakan untuk mengembangkan bisnis perseroan (PT Sumber Alfaria Trijaya) antara lain untuk pengembangan Distribution Center (DC) dan (atau) pendirian gerai-gerai Alfamart milik perseroan. Saat ini jumlah gerai yang dikelola perusahaan mencapai 1973 gerai (empat milik sendiri dan 1.969 milik bersama dengan pihak ketiga dengan sistem sewa) dari total 2.505 gerai per 30 Juni 2008. Jumlah gerai sebanyak itu didukung oleh 11 DC.

Menurut Corporate Communication Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Didit Setiadi, perusahaannya menargetkan akan menambah 500 gerai tahun depan baik dengan cara membangun sendiri maupun dengan pola franchise. Saat ini jumlah gerai milik franchisee-nya sudah sebanyak 532 gerai. Sampai akhir tahun ini, menurut Didit, ditargetkan jumlah gerai Alfamart akan mencapai 2.750.

Dalam hal jumlah gerai, Alfamart merupakan salah satu franchise di Indonesia yang memiliki gerai terbanyak. Alfamart hanya terkalahkan oleh Indomaret yang lebih dulu go public dan saat ini memiliki 3000-an gerai. Namun dilihat dari sisi produktivitas membangun gerai, Alfamart termasuk cepat  mengejar Indomaret. Setiap hari rata-rata ada 1,4 gerai baru Alfamart berdiri di berbagai tempat baik di Jawa maupun di Lampung. Alfmart memang belum merambah daerah lain selain Jawa dan Lampung. Rencana mengembangkan ke wilayah Sumatera lain selain Lampung baru akan ditempuh tahun depan.
Fast Moving Consumer Goods

Meski sudah banyak yang tahu barang apa yang dijual di gerai Alfamart, dengan keluarnya prospektus itu publik makin mendapat informasi jelas di mana positioning Alfamart di depan para konsumennya. Disebutkan, selama ini Alfamart menjual produk makanan dan non makanan dengan komposisi 70% makanan dan sisanya non makanan. Komposisi ini dilihat dari segi omsetnya. Inipun tak selalu sama dari tahun ke tahun, tapi komposisinya sekitar itu 30% non makanan 70% makanan. Sedangkan dari segi geografis, omset terbesar pemasukan Alfamart berasal dari wilayah Jabotabek yang menyumbang sampai 65% pemasukan secara keseluruhan.

Jenis produk yang dijualnya meliputi barang-barang kebutuhan rumah tangga dasar sehari-hari yang meliputi fast moving consumer goods seperti sabun, shampoo, sikat gigi, susu, telur, makanan dan minuman ringan, rokok, barang-barang personal care serta household care. Jumlah produk yang dijualnya itu mendapat pasokan dari sekitar 400 pemasok. Di antara para pemasok besarnya antara lain PT Unilever Indonesia, PT Nestle Indonesia, PT Frisian Flag Indonesia, PT Sayap Mas Utama, dan sebagainya. Selain perusahaan besar baik lokal maupun multinasional, terdapat juga produk-produk yang disuplay pemasok kecil. 

Sebagai gerai ritel yang menjual kebutuhan rumah tangga, gerai-gerai Alfamart mudah ditemukan di daerah-daerah pemukiman. Omset keseluruhan tahun 2007 lalu mencapai nilai Rp 6 triliun. Tahun ini per 30 Juni 2008 disebutkan omsetnya mencapai Rp 3,6 triliun. Jika berpatokan pada data per 30 Juni itu, jika dipukul rata maka tiap gerai Alfamart menghasilkan omset sebesar sekitar Rp 240 juta sebulan atau sekitar Rp 8 juta sehari.

Alfamart dirintis oleh keluarga Djoko Susanto pada tahun 1989. Pada awalnya usaha yang dijalankan Djoko bergerak di bidang perdagangan dan distribusi rokok dan produk-produk konsumsi lainnya. Setelah itu ia membuka minimarket di bawah naungan PT Alfa Mitrama Utama dengan nama Alfa Minimart. Pada tahun 2002 PT Alfa Mitrama Utama diakuisisi oleh PT Sumber Alfaria Trijaya. Berbarengan dengan itu nama minimarketnya diubah menjadi Alfamart. Saat itu jumlah gerai minimarketnya sudah mencapai 141 gerai.

Di bawah naungan Sumber Alfaria jumlah gerai Alfamart berkembang dengan pesat. Selain menambah gerai sendiri Alfamart juga berkembang pesat dari sistem kerjasama franchise yang mulai diadopsi pada tahun 2003. Sejak diluncurkan program franchise-nya jumlah gerai milik franchisee pada tahun pertama (2003) mencapai 34 gerai. Sepertinya ini memberi gambaran kalau popularitas Alfamart di masyarakat sudah cukup baik. Setelah itu jumlah mereka yang ingin memiliki gerai Alfamart dengan sistem franchise terus meningkat. Hingga  30 Juni 2008 jumlah gerai milik franchisee-nya sudah mencapai 532 gerai, padahal itu hanya ditempuh dalam kurun waktu lima tahun.
Franchise Alfamart
Alfamart menawarkan franchise  dengan investasi mulai dari Rp 425 juta hingga Rp 555 juta. Investasi ini sudah meliputi perkiraan untuk sewa tempat dan kebutuhan investasi lain. Tipe tokonya dibagi berdasarkan luas tempat. Tipe pertama dengan luas toko 90 m2 bisa memajang 46 rak dengan jumlah jenis barang yang dijual mencapai sekitar 3.000 item. Tipe kedua dengan luas antara 90 m2 hingga 150 m2 dengan 45 rak dan sekitar 3.500 item. Dan tipe terakhir dengan luas tempat lebih dari 150 m2 dengan jumlah rak 54 yang memajang sekitar 4.000 item barang.

Rincian investasi paket pertama yang total Rp 300 juta itu, misalnya, sudah meliputi franchise fee yang sebesar Rp 45 juta untuk kerjasama lima tahun. Rincian lainnya meliputi renovasi Rp 120 juta, perijinan Rp 15 juta, perlengkapan toko seperti AC dan sebagainya Rp 70 juta, komputer Rp 20 juta, promosi dan pembukaan toko Rp 20 juta, serta shop sign dan sejenisnya Rp 10 juta.

Mengenai royalty fee Alfamart memberlakukan royalti progresif tergantung omset masing-masing gerai. Jika omsetnya kurang dari Rp 75 juta sebulan royaltinya nol. Jika omsetnya antara Rp 75 juta sampai Rp 100 juta royaltinya 2%. Omset Rp 100 juta hingga Rp 150 juta royaltinya 2,5%. Sedangkan jika omsetnya lebih dari Rp 150 juta PT Sumber Alfaria Trijaya sebagai franchisor mengenakan royalti 3%.

Selain paket franchise itu Alfamart juga menawarkan investasi bagi hasil bagi investor yang memiliki tempat yang menurut Alfamart sangat strategis. Alfamart akan membangunkan gerai Alfamart di tempat itu dengan sistem bagi hasil dengan porsi pembagian tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Dilihat dari komposisi kepemilikan gerai seperti yang tergambar di prospektusnya, justru model seperti ini yang paling besar yang mencapai 1969 gerai.

Nah, sekarang tinggal memilih cara mana untuk bisa memiliki gerai minimarket Alfamart. Jika cara itu masih belum memenuhi syarat atau minat, bisa juga dengan beli sahamnya mulai Januari mendatang. (DEN)



sumber:http://www.majalahduit.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2507:investasi-di-alfamart-lewat-pasar-modal&catid=35:cat-franchise&Itemid=2

Seminar “ 9 Kunci Sukses Wanita Wirausaha “

Titan Center bekerja sama dengan Enofpro dan Integracomm pada hari Sabtu, 30 April 2011 menyelenggarakan Seminar “ 9 Kunci Sukses Wanita Wirausaha “ dalam memperingati hari Kartini yang jatuh pada bulan April. Seminar yang diadakan di Titan Theatre – Boulevard Bintaro Sektor 7 tersebut berlangsung meriah dan dihadiri hampir 200 peserta yang mayoritas adalah wanita. Para peserta tidak hanya mendapatkan ilmu dari Alviko Ibnugroho, MM, RIFA, RFC, AAAIJ – Financologist, akan tetapi mereka juga mendapatkan sharing pengalaman berharga dari Anya Dwinov ( artis dan presenter yang juga praktisi wirausaha yang sukses ) serta Dana Iswara ( mantan anchor dari salah satu stasiun TV swasta nasional yang juga praktisi wirausaha yang sukses ).

Dalam acara seminar ini, peserta yang baru akan memulai wirausaha diberikan bekal pengetahuan untuk merencanakan membuka wirausaha, dan untuk peserta yang telah menjalankan wirausaha diajak untuk mengevaluasi kembali pengelolaan usahanya. Alviko dengan sangat menarik menyampaikan fakta-fakta yang seringkali menyebabkan wanita tidak dapat maju secara maksimal sebagai Seorang wirausahawati dan memberikan beberapa kunci sukses yang dapat mengantarkan wanita ke puncak kesuksesannya, diantaranya adalah tidak terperangkap oleh mitos wanita, melek finansial untuk wanita, memiliki mental wirausaha dan juga memperhatikan etika dalam berwirausaha.

Peserta juga menyimak dengan serius tanya jawab antara Moderator dengan Anya Dwinov dan Dana Iswara mengenai pengalaman pribadi mereka dalam membangun dan menjalankan wirausaha. Baik Anya maupun Dana Iswara memberikan tips-tips berharga bagi seluruh peserta yang disambut dengan antusias dengan pertanyaan-pertanyaan. Seminar dengan kemasan yang berbeda dan sangat menarik ini benar-benar menghibur para pesertanya, diantaranya dengan penampilan Dewi Perez dan Sister Act – sebuah parodi lipsync yang penuh humor dan meriah, Demo Make Up dari salah satu sponsor kosmetik dan penarikan

Seminar yang berlangsung sejak pukul 9.00 – 13.00 WIB ini ditutup dengan penarikan Door  Prize yang memberikan banyak sekali hadiah menarik bagi peserta yang hadir. Dalam waktu dekat Titan Center akan kembali bekerja sama dengan Integracomm dalam menggelar wirausaha dan seminar-seminar lainnya dengan tema yang berbeda. (*/AWN)



sumber:www.majalahduit.co.id

Mempromosikan Website Tak Perlu Mahal

Jika ingin membuka toko barang antik perhatikan display untuk memajang barang. Jangan biarkan barang menumpuk.

Bagaimana memulai bisnis barang antik? Sepertinya bisnis ini akan terus berkembang. Makin tingginya minat sejumlah orang pada barang antik menunjukkan bisnis ini punya prospek cerah. Terlebih-lebih berita “miring” tentang pencurian barang antik dari museum dan tertangkapnya lukisan-lukisan kuno di bandara Soekarno-Hatta yang didatangkan dari Belanda makin menambah gairah orang-orang untuk mengoleksi barang antik. Mengelola toko barang antiknya juga sama uniknya dengan barang yang dijual. Tak ada harga yang seragam dengan kecenderungan harga tinggi tak terduga bisa didapat.

Di manakah lokasi paling tepat mendirikan toko barang antik? Selain di ajang lelang, barang antik juga bisa ditemukan di toko-toko antik. Di Jakarta sentra barang antik bisa ditemukan di Jalan Surabaya. Namun tak tertutup kemungkinan lokasi lainpun bisa digunakan dan menuai hasil bagus. Nah, jika Anda kebetulan punya ide mendirikan toko antik, ada baiknya memperhatikan tips dari pengelola Hillsboro Antique Mall & Café, mal barang-barang antik di Florida, Amerika Serikat berikut:

  1. Inventarisasi barang-barang antik yang akan dijual. Makin banyak jenisnya makin bagus karena akan menarik lebih banyak pengunjung.
  2. Perhatikan tempat yang akan digunakan sebagai toko. Jika barang yang dijual sedikit diperlukan lemari pajangan. Lengkapi dengan mebel-mebel antik sebagai pendukung.
  3. Pajang barang dagangan di display yang memungkinkan oang lewat bisa melihatnya. Jangan menumpuk barang atau menyimpan satu barang menghalangi barang lain.
  4. Beri ruangan bagi calon pembeli untuk melihat dari dekat barang yang menarik hatinya. Karena itu jangan biarkan tokonya penuh sesak.
  5. Pasanglah harga yang masuk akal dan jangan mengelabui. Konsultasikan pada ahli barang antik atau lihat literatur tentang barang antik untuk menentukan harga.
  6. Perbarui display secara berkala. Jika tampilan toko tetap dari waktu ke waktu pembeli yang sudah pernah berkunjung tak akan meliriknya lagi, apalagi masuk mencari barang baru.
  7. Jaga produk dalam tampilan terbaiknya. Perhatikan bahwa jika label tampak kumal orang akan berpikir bahwa tak ada orang yang memikirkan toko kita.
  8. Berikan label dengan keterangan waktu produk itu dibuat, keunikannya, dan informasi lain yang mendukung.

Membuka Toko Barang Antik

Jika ingin membuka toko barang antik perhatikan display untuk memajang barang. Jangan biarkan barang menumpuk.

Bagaimana memulai bisnis barang antik? Sepertinya bisnis ini akan terus berkembang. Makin tingginya minat sejumlah orang pada barang antik menunjukkan bisnis ini punya prospek cerah. Terlebih-lebih berita “miring” tentang pencurian barang antik dari museum dan tertangkapnya lukisan-lukisan kuno di bandara Soekarno-Hatta yang didatangkan dari Belanda makin menambah gairah orang-orang untuk mengoleksi barang antik. Mengelola toko barang antiknya juga sama uniknya dengan barang yang dijual. Tak ada harga yang seragam dengan kecenderungan harga tinggi tak terduga bisa didapat.

Di manakah lokasi paling tepat mendirikan toko barang antik? Selain di ajang lelang, barang antik juga bisa ditemukan di toko-toko antik. Di Jakarta sentra barang antik bisa ditemukan di Jalan Surabaya. Namun tak tertutup kemungkinan lokasi lainpun bisa digunakan dan menuai hasil bagus. Nah, jika Anda kebetulan punya ide mendirikan toko antik, ada baiknya memperhatikan tips dari pengelola Hillsboro Antique Mall & Café, mal barang-barang antik di Florida, Amerika Serikat berikut:

  1. Inventarisasi barang-barang antik yang akan dijual. Makin banyak jenisnya makin bagus karena akan menarik lebih banyak pengunjung.
  2. Perhatikan tempat yang akan digunakan sebagai toko. Jika barang yang dijual sedikit diperlukan lemari pajangan. Lengkapi dengan mebel-mebel antik sebagai pendukung.
  3. Pajang barang dagangan di display yang memungkinkan oang lewat bisa melihatnya. Jangan menumpuk barang atau menyimpan satu barang menghalangi barang lain.
  4. Beri ruangan bagi calon pembeli untuk melihat dari dekat barang yang menarik hatinya. Karena itu jangan biarkan tokonya penuh sesak.
  5. Pasanglah harga yang masuk akal dan jangan mengelabui. Konsultasikan pada ahli barang antik atau lihat literatur tentang barang antik untuk menentukan harga.
  6. Perbarui display secara berkala. Jika tampilan toko tetap dari waktu ke waktu pembeli yang sudah pernah berkunjung tak akan meliriknya lagi, apalagi masuk mencari barang baru.
  7. Jaga produk dalam tampilan terbaiknya. Perhatikan bahwa jika label tampak kumal orang akan berpikir bahwa tak ada orang yang memikirkan toko kita.
  8. Berikan label dengan keterangan waktu produk itu dibuat, keunikannya, dan informasi lain yang mendukung.

The Power of Kepepet

Dalam kondisi terdesak, seseorang cenderung akan memutar otak lebih keras. Seseorang mampu mencetuskan ide brilian dan memiliki semangat untuk mewujudkan mimpinya.

Suatu malam, saya ngobrol dengan seorang kawan lama via online messenger. Si kawan ini curhat masalah pekerjaan, dia bilang sistem kerja di kantornya amburadul. Sudah begitu, bosnya galak sekali. Kesalahan sekecil apa pun bisa membuat Pak Bos marah besar. Belum lagi, belakangan ini dia mendengar desas-desus bakal ada pengurangan jumlah karyawan, karena pesanan dari negeri seberang berkurang. Si kawan ini bekerja di industri garmen.

Menurut dia, kondisi perusahaan yang kurang menguntungkan itu karena daya beli pasar luar negeri yang belum pulih akibat krisis ekonomi global dan ketakutan atas pemberlakuan ASEAN China Free Trade Area (ACFTA), atau bahasa sederhananya: perdagangan bebas di antara negara-negara ASEAN dan China. Dampak perjanjian yang mulai berlaku per 1 Januari 2010 lalu itu membuat pasar lokal makin dibanjiri produk Cina.

“Pokoknya, aku udah nggak betah kerja lagi. Nggak enak,” gerutu si kawan.

Kening saya berkerut. Kalau memang sudah tidak nyaman dengan sesuatu, seharusnya dia keluar dari ketidaknyaman itu. Bukan justru membiasakan diri dengan ketidaknyaman itu. “Ya udah, resign aja. Bikin usaha sendiri,” saran saya.

Tapi, si kawan ini menangkis, “Kalau aku resign sekarang, anak dan istriku makan apa?”.

Aduh!

Semua Butuh Proses  

Kita sudah sering mendengar kisah sukses pengusaha besar. Dan, sering pula, kita membayangkan bakal sukses seperti mereka. Tapi, ada sisi lain yang terlupakan. Untuk mencapai kesuksesan itu, mereka butuh proses yang tidak sebentar. Bahkan kadang menyakitkan. Ibaratnya, mereka pernah menjalani proses 'Kepala menjadi kaki, kaki menjadi kepala'. Sebagai penghargaan (setelah sukses menjalani proses yang tidak mengenakkan itu), mereka kini dikenal dengan embel-embel 'pengusaha sukses'.

Sukamdani Sahid Gitosardjono, salah satunya. Ketika merantau ke Jakarta, pada 1952, pendiri dan pemilik jaringan Hotel Sahid Group ini hanya membawa sebuah kopor dan sepeda. Sebagai anak seorang pedagang, ia begitu bangga ketika bekerja di Departemen Dalam Negeri. Tapi, karena penghasilan kurang mencukupi, Sukamdani memutuskan mundur dan bekerja di sebuah percetakan. Tentu saja, pilihan itu cukup membuat resah orang tuanya. Karena zaman dahulu, menjadi PNS merupakan status yang cukup dihormati.

Dengan penghasilan masih pas-pasan, Sukamdani menikahi Juliah, gadis dari trah Mangkunegaran, kekasihnya semasa di Solo. Pasangan muda ini lalu menyewa rumah berdinding gedhek. Karena keuletan, plus pinjaman uang Rp25.000 dari mertua, Sukamdani akhirnya bisa membuka usaha percetakan sendiri.

Di rumah kontrakan yang hanya memiliki satu kamar seluas 3 x 3 meter persegi itu, Kam, panggilan karibnya, merintis bisnis percetakan. Waktu itu, dia memulainya hanya dengan dua mesin cetak hand press. “Saya sendiri yang membeli kertas, mengantarkan dan menjemput pesanan cetak, termasuk menagih biaya cetak. Waktu itu, saya ke mana-mana naik oplet,” kenang Kam, seperti dikutip tokohindonesia.com.

Dari keuntungan usaha yang ditabungnya sedikit demi sedikit, ia berhasil membeli tanah tempat ia menyewa rumah itu. Cikal bakal rumah kontrakan itu kini menjelma menjadi Hotel Sahid yang berada di Jalan Sudirman, Jakarta. “Dulu, rumah saya di sini,” kenang Sukamdani, pada sebuah kesempatan.

Kalau saja Sukamdani tidak berhenti bekerja dari tempatnya yang lama, tidak merasa kepepet butuh uang untuk menghidupi keluarga yang baru dibinanya, kemungkinan besar pria kelahiran Solo, Jawa Tengah, 14 Maret 1928 ini tak bakal memiliki jaringan hotel, selain memiliki pabrik semen, properti, akademi pendidikan, media massa, hingga pesantren.

Gunakan Otak Kanan

Ada dua alasan yang membuat orang tidak tergerak untuk berubah, yakni impian kurang kuat dan kurang kepepet. Dua hal itu seringkali disebut sebagai “motivasi”. Kepepet berasal dari Bahasa Jawa yang artinya terpaksa. Hanya saja, kadar keterpaksaannya sudah sangat.. sangat.. sangat terpaksa. Sudah tidak ada pilihan lain, alias tidak boleh tidak.

Kebanyakan manusia, kalau berada dalam kondisi kepepet dan tak ada pilihan lain, mereka akan cenderung memutar otak lebih keras untuk mencari jalan keluar. Sesungguhnya, manusia diciptakan dengan potensi yang luar biasa, di luar apa yang kita pikirkan. Hanya saja, potensi tersebut baru akan muncul saat kondisi kepepet. Seperti seorang nenek yang berani melompat dari lantai tiga, saat kebakaran melanda. Coba dalam kondisi normal, seseorang akan berpikir berpuluh kali lipat untuk melompat dari ketinggian.

John Paul Kotler, profesor dari Harvard Business Review mengemukakan establishing sense of urgency adalah langkah pertama untuk menggerakkan perubahan dalam sebuah organisasi. Seorang pengusaha, setelah melihat ancaman persaingan yang makin menggila atau kondisi krisis, pasti akan membuat keputusan-keputusan penting. Mereka tergerak untuk melakukan hal terbaik. Di sini lah muncul the power of kepepet alias kekuatan dari kondisi kepepet.

Seperti per atau pegas (sekadar mengingat ilmu Fisika zaman sekolah menengah), ketika ditekan lebih keras, maka akan muncul gaya tolak yang lebih besar. Semakin kepepet, maka seseorang akan semakin kreatif.

Menariknya, banyak pengusaha yang memulai bisnis dari kondisi kepepet, entah itu karena menjadi korban (atau bakal jadi korban) PHK, akan memasuki masa pensiun, tak kunjung diterima bekerja di perusahaan setelah lulus kuliah, terpaksa drop out dari perguruan tinggi karena orang tua tak mampu lagi membiayai, mengalami sakit/kecelakaan yang membuat kemampuan fisik tak lagi sempurna, atau karena tiba-tiba berubah status menjadi single parent yang memaksa seseorang harus menghidupi keluarga secara mandiri.

Ketika akan memulai usaha, hal pertama yang muncul di pikiran adalah: modalnya dari mana? Setelah mendapatkan modal, biasanya Anda akan kembali berpikir, bisnis apa yang cocok untuk usaha baru ini? Kalau sudah menemukan bisnis yang cocok, biasanya Anda akan memulai perhitungan yang lumayan njlimet untuk keperluan bisnis, seperti sewa tempat, stok barang, biaya promosi, dan sebagainya.

Selanjutnya, biasanya lagi, Anda akan mulai menghitung kemungkinan untung rugi dai bisnis yang bakal Anda mulai. Lalu, berturut-turut muncul pertanyaan seperti ini, bagaimana kalau usaha restoran saya sepi pengunjung? Bagaimana kalau usaha warnet saya tiba-tiba punya pesaing baru? Bagaimana kalau karyawan saya nanti korupsi? Bagaimana kalau nanti bisnis ekspedisi ini bangkrut?

“Kalau Anda masih berpikir seperti itu, berarti Anda masih berpikir dengan otak kiri,” tegas Purdi E. Chandra, pemilik lembaga bimbingan belajar Primagama sekaligus pendiri Entrepreneur University. Seharusnya, sambung Purdi, kalau sudah punya keinginan untuk merintis usaha seharusnya Anda mulai menggunakan otak kanan.

Sebenarnya, seperti apa sih otak kanan itu? Menurut literatur, otak kanan merupakan gudangnya kreativitas dan spontanitas. Sedangkan otak kiri sebaliknya, yakni otak yang suka menganalisis dan mempertimbangkan.

“Kalau mau mulai usaha, gunakan otak kanan. Action, dulu! Jangan dulu mikir begini begitu,” kata Agus Pramono, pemilik Ayam Bakar Mas Mono. Menurut dia, bila seseorang sudah berniat untuk menjadi entrepreneur harus memiliki pikiran positif. Selalu optimistis, tekun, sabar, dan bersemangat.

Mono lalu menceritakan bagaimana dia dulu langsung action begitu melihat lahan kosong di seberang Universitas Sahid, tempat dia mangkal berjualan gorengan. Mono lalu mencari tahu bagaimana dia memperoleh sepetak lahan kosong yang di kiri-kanannya sudah ada warung rokok dan warung seafood. “Saya langsung kepikiran bikin usaha ayam bakar. Karena, banyak orang suka makan nasi dan ayam. Selain itu, di wilayah tersebut banyak anak-anak kuliah, pekerja kantoran, maupun orang-orang yang lewat Jalan Soepomo. Usaha pasti bisa ramai. Dan, yang pasti, bisa ngasih keuntungan lebih besar daripada sekadar jualan gorengan,” urai Mono.

Benar saja, dalam hitungan bulan, warung ayam bakar milik pemuda asli Madiun itu banyak peminatnya. Bahkan, setiap harinya, Mono, dengan enam karyawannya, mampu melayani pesanan ratusan nasi kotak untuk beberapa stasiun televisi swasta.

Namun, Christovita Wiloto, CEO & Managing Partner Wiloto Corp., mengingatkan bahwa pengusaha sebaiknya tidak menggunakan ilmu the power kepepet saat bisnis sudah berjalan. Menurut Christov, the power of kepepet adalah the power of survive (kekuatan untuk bertahan hidup). Ia khawatir karena terus-terusan berada dalam kondisi kepepet, pengusaha tidak memperhatikan soal strategi mengembangkan usaha secara jangka panjang. Tapi hanya membuat keputusan-keputusan jangka pendek untuk bisa bertahan hidup. “Jangan kepepet terus-terusan. Bisnis harus dikelola dengan menggunakan strategi yang baik, biar bisa berkembang dan menguntungkan,” urai mantan Agency Secretary Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) ini.

Adapun Helmi Yahya, pemilik rumah produksi Triwarsana dan Dreamlight ini mengaku bahwa semangat, yang berasal dari faktor kepepet tadi, bisa menjadi bola salju bila dibarengi perencanaan bisnis dan persiapan yang matang. “Semangat, passion, niat, dan strategi adalah modal yang luar biasa bagi seseorang untuk menjadi entrepreneur sejati,” kata adik kandung Tantowi Yahya ini.

Ciptakan Kondisi Kepepet  

Memang, kondisi terhimpit biasanya akan memunculkan ide brilian dan membuat orang lebih berani untuk memulai usaha. “Kondisi kepepet itu mengalahkan semua tantangan, seperti rasa malu, malas, tidak percaya diri, atau tidak berani beresiko,” kata Elly Susilowati, pemilik PT Ethree Abadi, pembuat sepatu buatan tangan.

Sebaliknya, bila keadaan terasa aman damai sejahtera, maka seseorang kurang mendapatkan semangat untuk memulai usaha. “Ketika seseorang sudah biasa dalam kondisi ketidakpastian, ia akan lebih berani untuk berbisnis daripada temannya yang terbiasa hidup dalam dunia yang selalu pasti,” kata Purdy.

Menurut Jaya Setia Budi, penulis buku The Power of Kepepet, selama ini banyak mitos yang salah mengenai entrepreneurship. “Selama ini, seringkali orang terjebak mitos bahwa berbisnis itu sulit, butuh modal besar, butuh bakat dan pengalaman, atau entrepreneurship itu diwariskan lewat garis keturunan,” keluh Jaya.

Hal ini membuat banyak orang, termasuk jutaan mahasiswa tingkat akhir lebih memilih untuk mengirimkan surat lamaran pekerjaan ketimbang menyusun proposal bisnisnya sendiri. Padahal, memulai bisnis bisa dilakukan siapa pun, kapan pun, dan di mana pun, selama ada niat yang kuat. Sialnya, niat yang luar biasa kuat ini kadang baru muncul bila dalam kondisi kepepet.

Jadi, bila Anda masih berana dalam zona nyaman, belum akan di-PHK, belum akan digusur, atau belum akan sakit, setidaknya mulailah “menciptakan” kondisi kepepet versi Anda sendiri. Misalnya, menggunakan dana pinjaman untuk modal usaha. Otomatis, Anda akan merasa “kepepet” untuk mengembalikan dana pinjaman tersebut. Atau, susun target (atau bisa juga disebut impian) yang memacu Anda untuk meraihnya. Misalnya, target memiliki rumah sendiri, ketimbang mengontrak sana-sini, dalam lima tahun.

Menyitir perkataan Anggun, penyanyi Indonesia yang sudah mendunia, bila Anda punya mimpi, bangun dari tidur, mandi, lalu bekerja ekstra keras untuk mewujudkan mimpi itu. Selamat Berjuang ^^ Go Go N Go



http://www.majalahduit.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2402:the-power-of-kepepet-bila-keterpaksaan-mengalahkan-segalanya-&catid=80:kolom&Itemid=76

Monday, July 4, 2011

10 Macam Penampilan Anda Rusak Karena Merokok

Jika Anda merokok, Anda sudah tahu Anda harus berhenti. Ini buruk bagi jantung Anda, paru-paru, otak, dan bahkan kehidupan seks Anda.

Tapi anda sudah berhenti dari kemaren jika efek buruk merokok itu sedikit lebih jelas. Bagaimana jika setiap rokok menciptakan tapuk hitam di wajah Anda, misalnya?

Nah, merokok merusak penampilan Anda. Baca terus untuk menemukan 10 macam merokok akan merusak penampilan Anda.



Kantong bawah mata Anda


Jangan anda benci kalau Anda tidak bisa mendapatkan tidur malam yang baik-dan itu terlihat di wajah Anda?
Menurut penelitian John Hopkins perokok 4 kali lebih besar kemungkinan tidak bisa istirahat dibandingkan yang tidak merokok.
Kulit bersisik

Kulit bersisik bisa menimpa siapa saja termasuk yang tidak merokok. Tetapi resiko kulit bersisik akan naik banyak bagi perokok.

Menurut sebuah studi tahun 2007, jika Anda mengisap satu bungkus roko sehari selama 10 tahun atau kurang, risiko kulit bersisik meningkat 20%, 11-20 tahun risiko Anda adalah 60% lebih tinggi, dan bagi mereka yang meroko lebih dari 20 tahun resiko meningkat 50 %,(Bahkan bekas merokok selama kehamilan atau masa kanak-kanak dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi.)
Gigi kuning



Apakah anda tida suka gigi yang putih? Kalau anda merokok silahkan ucapkan selamat tinggal buat gigi putih.Penuaan dini dan keriput



Para ahli sepakat bahwa merokok mempercepat penuaan, sehingga perokok terlihat 1,4 tahun lebih tua daripada bukan perokok, rata-rata.

Mengapa wajah keriput? Merokok menghambat pasokan darah yang membuat jaringan kulit terlihat kenyal dan sehat.
Jari Kuning



Nikotin dalam asap rokok tidak hanya dapat membuat gigi Anda (dan dinding rumah Anda) cokelat, tetapi juga membuat jari dan kuku anda kuning.
Rambut tipis



Selain kulit keriput merokok juga merusak rambut Anda juga. Menurut para ahli bahan kimia beracun dalam asap dapat merusak DNA pada folikel rambut dan menghasilkan radikal bebas yang merusak sel juga.

Perokok memiliki rambut tipis yang cenderung abu-abu dan lebih cepat botak dari yang bukan perokok.

Menurut penelitian di Taiwan tahun 2007 pria perokok dua kali lebih cepat botak dari non perokok, disamping faktor genetika.
Bekas luka



Nikotin menyebabkan vasokonstriksi, penyempitan pembuluh darah yang dapat membatasi aliran darah kaya oksigen ke pembuluh darah di wajah atau bagian lain dari tubuh.

Ini berarti luka Anda akan memakan waktu lebih lama untuk disembuhkan dan Anda akan memiliki bekas luka yang lebih besar dan lebih merah dari pada anda yang tidak merokok.
Gigi rusak



Merokok menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar untuk semua jenis masalah gigi, termasuk kanker mulut dan penyakit gusi.

Bahkan, menurut sebuah penelitian di Inggris 2005 dalam Journal of Clinical Periodontology, perokok beresiko sampai enam kali lebih besar dibanding bukan perokok untuk penyakit gusi, yang dapat mengakibatkan hilangnya gigi.
Hilangnya Aura Alami



Pernah perhatikan bagaimana kulit perokok 'kadang-kadang tampaknya mati? Sebuah studi 1985 datang dengan istilah Smoker's Face untuk menggambarkan karakteristik wajah tertentu, seperti keriput, dan penampilan kulit abu-abu, yang disebabkan oleh merokok.

Asap rokok mengandung karbon monoksida, yang menggantikan oksigen di kulit Anda, dan nikotin, yang mengurangi aliran darah, meninggalkan kulit kering dan berubah warna. Merokok juga menghabiskan banyak nutrisi, termasuk 
vitamin C, yang membantu melindungi dan memperbaiki kerusakan kulit.
Penyembuhan luka lama



Para ahli menemukan bahwa perokok membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh pasca operasi seperti face-lift, ekstraksi gigi, dan prosedur periodontal.


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host