Tuesday, September 13, 2011

Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik


Sampah plastik merupakan fenomena yang tidak dapat terhindarkan hampir disetiap penjuru lingkungan terdapat sampah plastik. Sampah plastik dari sektor pertanian saja setiap tahun mencapai 100 juta ton. Dengan jumlah sebanyak itu kita bisa membungkus bola bumi yang kita tinggali ini 10 x lipat. benar-benar jumlah yang amat berlebihan mengingat angka di atas barulah sampah dari sektor pertanian saja.

Dan sampah plastik selama ini benar-benar hanya dilihat sebagai sampah semata. Hampir-hampir tidak ada yang bisa melihat sisi positif pada sampah plastik, bahkan pemulung pun enggan mengumpulkannya. Padahal sejatinya, sampah plastik ini bisa didaur ulang menjadi bahan baku pembuatan plastik. Permintaan terhadap bahan baku ini pun sangat besar sehingga pabrik pembuatan plastik sering kehabisan stok bahan baku.
Belum lagi kalau dilihat dari sisi penyerapan tenaga kerjanya. Dalam bisnis ini banyak pihak yang bisa terlibat di dalamnya. Misalnya pemulung, penampung, bandar sampah plastik bekas, maupun pemasok ke perusahaan daur ulang sampah plastik.

Di dalam perusahaan/pabrik daur ulang sampah plastik sendiri banyak menampung tenaga kerja dari mulai: tenaga sortir plastik, tenaga giling, tukang pres, tukang jemur, tenaga pengepakan/packing sampai staf administrasi dan keuangan, mereka semua mendapatkan upah yang cukup lumayan dan memadai untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.

Usaha daur ulang plastik, juga sangat berperan dalam membantu dan memelihara kebersihan lingkungan. Berbagai sampah plastik tersebut jika dibiarkan akan menjadi timbunan sampah, yang lama-kelamaan merupakan ancaman bencana yang berbahaya, seperti yang belum lama ini terjadi. Berbagai sampah plastik tersebut tidak dapat terurai sehingga tidak ramah atau berbahaya bagi lingkungan.Perspektif bisnis, sosial dan lingkungan inilah yang mendasari Ir Herman Sutirto, MSc mendirikan PLASSBEK, akronim dari dari PLAS-tik BEK-as.

Kegiatan bisnisnya dimulai 8 Mei 2004. Awalnya PLASSBEK hanya melakukan usaha jual-beli plastik daun (plastik lembaran bersih saja). Plastik daun yang kotor dicuci, kemudian dijemur dan langsung dijual, belum menggunakan mesin giling/crusher.
Awal Februari 2005, PLASSBEK mulai memproduksi (menggiling plastik daun/lembaran). Bahkan PLASSBEK bergerak lebih jauh lagi dengan menggandeng BE B.O.S.S. untuk pengembangan usaha ini melalui skemafranchise. Saat ini perusahaan hanya memproduksi/menggiling plastik kelompok film grade yaitu plastik daun/plastik lembaran saja.

Jenis usaha daur ulang sampah plastik merupakan salah satu usaha yang handal dan fleksibel, di mana d permintaan pasar terus meningkat, mengingat hampir semua perusahaan/pabrik biji/pellet plastik daur ulang plastik maupun produk – jadi (End Product) membutuhkan bahan baku plastik daur ulang yang cukup tinggi .
Bahkan pasar dari hasil daur ulang plastik ini bukan hanya di dalam negeri, karena pasar mancanegara justru banyak mencari bahan baku ini. Di pasar Internasional PET daur ulang memiliki nama PET Flakes/PET Regrind dengan size 10 mm. Pasar ekspor menyerap jauh lebih besar daripada pasar domestik. Negara yang banyak memanfaatkan PET Flakes adalah: Taiwan, India, Vietnam, Pakistan, RRC.

Tetapi pasar dalam negeri sendiri pun sampai saat ini masih kekurangan pasokan. Untuk pasar domestik, pada umumnya terbagi menjadi 2 kelompok plastik daur ulang, yaitu: kelompok film grade dan non-film grade seperti sampah plastik lembaran kemasan makanan (kantong gula, tepung, dan lain-lain), kantong belanja (kresek), kantong sampah, pembungkus tekstil, tas, garmen, pembungkus rokok, pembungkus baju/kaos, karung plastik, dan lain-lain. Untuk non-film grade ada botol air mineral, juice, saos, minyak goreng, kosmetik, shampoo, oli, tutup botol, krat botol, ember, mainan, tong sampah, container, pipa PVC, kabel listrik, selang air, plastik gelombang, dan lain-lain.

Semua pabrik plastik daur ulang (recycling) membutuhkan plastik-plastik bekas (sampah plastik) baik dari kelompok film grade (plastik daun) maupun dari non-film grade. Plastik-plastik tersebut sebagai bahan utama/campuran untuk diproses daur ulang menjadi biji/pellet plastik, sehingga dikenal dengan nama biji/pellet plastik daur ulang. Hal ini hanya untuk membedakan dengan biji plastik original (asli).
Karena biji plastik asli sebagian besar masih impor, sehingga harganya cukup mahal (tergantung dolar dan harga minyak dunia). Maka biji/pellet plastik daur ulang dapat menjadi suatu alternatif, dengan harga yang sangat kompetitif. Dan tentu saja bisnis ini sangat prospektif.

  • Memulai Usaha Daur Ulang Plastik
Kebetulan saya tidak selalu online,
Kalau punya lahan sendiri, maka yang harus diperhatikan adalah, :
1. Tersedianya air tanah/sumur untuk pencucian,
2. tersedianya pembuangan air hasil cucian, supaya tidak dikomplain warga sekitar
3. Lokasi harus agak sepi & jauh dari perumahan, karena suara bising dari mesin akan menggangu warga sekitar.
4. Harus memiliki Izin Lingkungan dari kelurahan setempat, minta persetujuan/tanda tangan dari warga/tetangga sekitar lahan.
5. lokasi lahan harus dapat diakses minimal oleh truk colst diesel ps120.

Kalau syarat diatas sudah dapat dipenuhi, maka, pondasi mesin dapat didirikan termasuk bak cuci 3 unit, untuk sabun & bilas.
Pondok tempat sortir, Gudang, pondok kantor.

Dan baru merangkai mesin.
Perangkaian mesin agak rumit, dan tidak dapat dijelaskan disini.

  • Modal Mesin Usaha
Harga mesin termasuk semua keseluruhan peralatan pendukungnya adalah berkisar 60 jt Nego, Kap mesin giling 300 up 600 kg /jam.
Tempatnya sewa per tahun 1,5 jt.

Sekilas tentang hasil giling daur ulang dalam bentuk cacahan..

(plastik bekas disortir, pisah jenis PP, HD, PET, HIPS, ABS, PVC, PC, PS, dll,
pisah warna digiling, jemur kering paking), mesinnya adalah Crusher/shredder atau mesin giling plastik, kapasitas dari
500 kg sampai 5 ton per hari tergantung penggerak diesel yg digunakan dan jenis plastik mau digiling/ didaur ulang.

Mesin giling dan tenaga penggerak dieselnya dirangkai jadi satu set, dibuatkan chasisnya dan di cor ke pondasinya, keluaran
cacahannya dibuatkan bak cuci 3 unit ukuran 1 m X 1 m, tingginya minimal 1 m, karena kotoran akan berada dibawah,

Perkiraan harga Untuk mesin, tempat, pondokan, dll, bisa sekitar 100 juta lebih.

Untuk giling Pet, PVC, HIPS, ABS, PC, PS harus pake mess 80 di bak cucinya, karena jenis plastik ini akan tenggelam didalam air. kalau
HIPS, ABS, PS dan PC setelah dicuci bersih harus dimasukkan ke bak khusus dengan air garam, istilahnya naik garam.
Sementara jenis plastik PP, HD, LD akan mengambang di permukaan air dan tdk perlu menggunakan mess.

Setelah dicuci bersih menggunakan sabun coustik soda, (beli di toko kimia). baru dikeringkan dengan sinar matahari alias
diatas terpal, sebaiknya tidak menggunakan pengering, karena biaya tinggi untuk minyak tanahnya.

Hasil ini dinamakan hasil giling / cacahan/ flakes, regrind.
Sudah bisa dijual ke pengepul2, atau pabrik plastik, di pasar lokal, banyak yg menampung hasil giling ini.

  • Luas Lahan Usaha
Luas lahan paling tidak 3000 atau 4000 mtr persegi, baru cukup untuk tempat sortir, gudang, pondok mesin dll.

Mesin giling biasanya di fabrikasi sendiri di bengkel bubut, mengikuti trend yg sekarang ini, mesin penggerak sebaiknya diesel bekas truk, engkel 100 ps sudah cukup, dirangkai atau dibuat chasis nya nyambung dengan mesin gilingnya, kebetulan saya mau jual tempat saya karena saya mau ke luar negri.

Usaha daur ulang hanya membutuhkan sortir, giling, jemur dan packing.
langsung bisa dijual ke pengepul2 plastik. tidak ada high tech disini, hanya harus terjub ke lapak2 plastik untuk beli bahan baku saja.


19 comments:

Unknown said...

saya ingin bertanya, untuk plastic grade film jenis HD dan PE (lembaran) saya temukan dalam bentuk berlemak dan minyak yang membandel. bagaimana saya untuk saya bisa menghilangkan minyak tersebut..? dan apakan di cuci dahulu baru di crusher, atau sebaliknya untuk proses yang maximal..?

KENTI SUNDARI said...

saya ingin memulai mengumpulkan limbah plastik dari warga sekitar, untuk pengumpulan dana . . . bisa ga bantu saya untuk informasi via telepon, terimakasih

HAIL_V.com said...

http://www.tokobagus.com/iklan/penawaran-pollycarbonate-31078203.html?utm_source=facebook&utm_medium=approved-ads&utm_campaign=approved-ads

HAIL_V.com said...

http://www.tokobagus.com/iklan/penawaran-pollycarbonate-31078203.html?utm_source=facebook&utm_medium=approved-ads&utm_campaign=approved-ads

valent said...

DOGI HANDYCRAFT TEKNIK & WASTE MANAGEMENT

Kami BELI Barang bekas anda dengan harga kompetitif :

1. JERIGEN PUTIH BEKAS MINYAK GORENG SEGALA MERK 18 KG YANG BOCOR, BOLONG, DAN SUDAH TIDAK TERPAKAI
HARGA RP. 4000 / BUAH.

2. KAMPAS REM MOBIL DISC BRAKE / DRUM BRAKE ( TEROMOL ) SEGALA KONDISI
KAMPAS REM DEPAN BEKAS HARGA RP. 2500 / PASANG.
KAMPAS REM BELAKANG TEROMOLBEKAS HARGA RP.4000 / PASANG.

3. KAMPAS REM BEKAS MOTOR TEROMOL
YAMAHA MIO SEGALA KONDISI HARGA RP. 5000 / PASANG.
BEBEK HONDA, SUZUKI, KAWASAKI, PIAGGIO, YAMAHA, MOTOR CINA SEGALA KONDISI HARGA RP. 2500 / PASANG.
RX-KING SERIES, NINJA SERIES, MEGA PRO SERIES, TIGER SERIES SEGALA KONDISI HARGA RP. 3000 / PASANG.

4. BOTOL OLI BEKAS MOTOR / MOBIL SEGALA KONDISI RP. 150 / BUAH.
JUMLAH LEBIH DARI 1000 BUAH HARGA RP. CALL PLEASE...

5. BOTOL INFUS BEKAS UTUH YANG SUDAH TIDAK TERPAKAI DAN DI IJINKAN OLEH PIHAK RUMAH SAKIT RP.5500 / KG.

6. GIR DEPAN + GIR BELAKANG + RANTAI MOTOR BEKAS HONDA, SUZUKI, KAWASAKI, YAMAHA, MOTOR CINA SEGALA KONDISI HARGA RP. 6000 / SET ( TIDAK POTONGAN ).

7. GIR DEPAN + GIR BELAKANG + RANTAI MOTOR BEKAS MOGE / HARLEY DAVIDSON
HARGA RP. 10000 / SET. JUMLAH LEBIH DARI 20 SET HARGA RP. CALL PLEASE...

8. MINYAK GORENG BEKAS / JELANTAH SISA WARUNG, RUMAH MAKAN, KAFE, RESTAURANT, HOTEL, CATERING, PABRIK MAKANAN
SUDAH DISARING + BERSIH DARI SISA GORENGAN + MURNI TIDAK DICAMPUR
HARGA MINYAK SEGALA KONDISI, TANPA SYARAT BEGINI – BEGITU :
HARGA RP. 3500 / KG
HARGA RP. 65000 / 1 JERIGEN FULL 18 KG.
JUMLAH 2 TON – TAK TERHINGGA, BARANG JELAS ADA, ALAMAT JELAS DIBERITAHU, TIDAK MAIN-MAIN HARGA RP. CALL PLEASE... ( SAMPLE HARAP KIRIM KE ALAMAT SAYA WALAU CUMA 500CC ).

MINYAK GORENG BEKAS YANG KAMI BELI DARI ANDA UNTUK KONSUMSI PRIBADI DAN TIDAK UNTUK KONSUMSI UMUM.

TIDAK AKAN KAMI BELI MINYAK BEKAS CPO ( CRUDE PALM OIL ) !!
9. AKI MOTOR, MOBIL, GENSET, UPS, FORKLIFT, BULLDOZER TYPE APAPUN DALAM KEADAAN MATI, RUSAK, SOAK HARGA RP. 9000 / KG.

KAMI JEMPUT BARANG ANDA & BAYAR TUNAI...
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> SERIUS SELLER ONLY <<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

KAMI MENJUAL BARANG DENGAN HARGA KOMPETITIF:

1. KALENG BEKAS MINUMAN POCARI SWEAT / COCA-COLA.
BILA SEDANG ADA STOK BISA PILIH MAU YANG UTUH / SUDAH DIPRESS.
BILA SEDANG TIDAK ADA STOK KAMI KIRIMKAN CAMPUR / SEADANYA BARANG DI GUDANG KAMI.
HARGA RP. 20.000 / KG.
MINIMUM ORDER 100 KG GRATIS ONGKOS KIRIM JABODETABEK.
PEMBAYARAN DP 50 %, SISA PEMBAYARAN DILUNASI SETELAH BARANG DIANTAR KE ALAMAT CUSTOMER.

2. DIJUAL KALENG BEKAS MINUMAN POCARI SWEAT / COCA-COLA DENGAN KUANTITI
1 KONTAINER 20 FEET / 40 FEET (10 TON – 25 TON ) KAMI SANGGUP MELAYANI :
A. ANDA BUTUH BARANG TERSEBUT DALAM WAKTU BERAPA LAMA ??
B. BARANG KAMI KIRIM DALAM BENTUK SEADANYA SESUAI YANG ADA DI GUDANG KAMI & TIDAK BISA PILIH.
C. BERAPA DP PEMBAYARAN YANG ANDA AKAN BERIKAN ??
D. PENAWARAN HARGA ANDA YANG AJUKAN KEPADA KAMI..

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> SERIUS BUYER ONLY <<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

KETERANGAN:
KAMI TIDAK AKAN MELAYANI CALL / SMS BAGI ANDA YANG CUMA INGIN CEK HARGA.

MOTTO KAMI: WIN-WIN SOLUTION, ANDA JUAL BARANG KAMI BELI BARANG ANDA TUNAI.
KAMI MENJUAL BARANG, ANDA SEPAKAT HARGA, KAMI KIRIM BARANG SESUAI ALAMAT CUSTOMER.

HUBUNGI SEGERA
089650091317 ( 24 JAM ONLINE )
DHONY & TEAM

Silahkan copy paste link berikut: http://www.dogihandycrafteknik.indonetwork.co.id/profile/dogi-handycraft-teknik-waste-management.htm

Unknown said...

http://kusumatrading.blogspot.com/

Unknown said...

http://kusumatrading.blogspot.com/

Unknown said...

DIBUTUHKAN SAMPAH PP GELAS SUPER MIN. 1 TON UTK DIGILING, DIBELI DGN HARGA TINGGI, BEKASI &SEKITAR , HUB 085866661110

galeri pojokplastik said...

KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
SELURUH INDONESIA
DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
CASH / TUNAI

DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

0812 9598 1587

www.galeripojokplastik.blogspot.co.id

galeri pojokplastik said...

KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
SELURUH INDONESIA
DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
CASH / TUNAI

DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

0812 9598 1587

galeripojokplastik.blogspot.co.id

galeri pojokplastik said...

KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
SELURUH INDONESIA
DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
CASH / TUNAI

DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

0812 9598 1587

galeripojokplastik.blogspot.co.id

galeri pojokplastik said...

KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
SELURUH INDONESIA
DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
CASH / TUNAI

DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

0812 9598 1587

galeripojokplastik.blogspot.co.id

galeri pojokplastik said...

KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
SELURUH INDONESIA
DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
CASH / TUNAI

DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

0812 9598 1587

galeripojokplastik.blogspot.co.id

Didik sulaiman said...

Apa saja syarat ny...untuk mnjdi anggota d galeri pojok plastik

Unknown said...

Halo Boss. To the point aja ya, Boss mau beli bahan cacahan plastik (banyak macam, tergantung permintaan) stock banyak. Klo tertarik tolong hubungi asin 082125789266 daerah jawa, jabotabek. Bilang saja dari tedy terima kasih

Ps. Barang bekas lainnya juga bisa ditanya, ada stock jg

galeri pojokplastik said...

KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
SELURUH INDONESIA
DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
CASH / TUNAI

DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

0812 9598 1587

galeripojokplastik.blogspot.co.id

Togelpelangi said...

ayo jangan lewati promo menarik kami
ada promo bonus deposit member baru
dan jackpot singapore

info layanan Kami :
BBM : D8E23B5C
WHAT APPS : +85581569708
LINE : togelpelangi
WE CHAT : togelpelangi
LIVE CHAT 24 JAM : WWW-ANGKAPELANGI-NET

New game : live togel !

Fikri said...
This comment has been removed by the author.
Fikri said...

kami dari CV Arya Putra Mandiri, berdiri sejak tahun 1997 sudah 20tahun lebih eksis mensuplai kebutuhan packing industri baik karung, pallet, terpal dan lain sebagainya dan sudah bekerja sama lebih dari 20 pabrik yang ada di Nusantara, perusahaan kami sudah memiliki badan hukum yang valid, dan tetap

kami bisa mengirim ke seluruh Nusantara, baik Kalimantan, Makasar, Papua, Nusa tenggara, Sumatra dan pulau Jawa, biasanya jumbo bag untuk wadah isi pengemasan bahan baku atau bahan produk jadi, seperti biji plastik, pasir, pasir besi, arang, sawit, biji-bijian, tepung, semen, pasir silika, garam, dan lain sebagainya yang tentunya kualitas kami tidak akan terkontaminasi dengan produk anda

stok kami selalu ready berapapun, jangan khawatir bila ingin yang baru kita bis buatkan sesuai request costumer

Salam hormat
Fikri Efridho wa/Tlp 082118294180

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host