Tuesday, July 5, 2011

Investasi di Alfamart Lewat Pasar Modal

Untuk bisa memiliki minimarket Alfamart ada satu cara baru. Beli saja sahamnya di PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Alternatif ini baru bisa diperoleh ketika saham PT Sumber Alfaria Trijaya –perusahaan pengelola Alfamarat-- sudah tercatatkan di BEI mulai Januari 2009.

Namun memiliki saham Alfamart tentu akan berbeda dengan memiliki gerai minimarketnya. Dengan memiliki saham perseroan (Sumber Alfaria Trijaya), investor bukanlah pengelola aktif. Tetapi bagaimanapun ini alternatif yang patut dipertimbangkan. 

Menurut rencana, penawaran saham perdana (IPO/Initial Public Offering) PT Sumber Alfaria Trijaya akan dilaksanakan pada 7-9 Januari 2009. Sahamnya sendiri rencananya akan mulai dicatatkan di BEI per 15 Januari 2009. Tetapi investor sudah bisa memiliki saham Alfamart pada saat IPO. Jadi, buat para peminat, sudah saatnya siap-siap untuk memiliki saham Alfamart.

Dalam prospektus yang disiarkan di sebuah koran, disebutkan, hasil penjualan saham itu akan digunakan untuk mengembangkan bisnis perseroan (PT Sumber Alfaria Trijaya) antara lain untuk pengembangan Distribution Center (DC) dan (atau) pendirian gerai-gerai Alfamart milik perseroan. Saat ini jumlah gerai yang dikelola perusahaan mencapai 1973 gerai (empat milik sendiri dan 1.969 milik bersama dengan pihak ketiga dengan sistem sewa) dari total 2.505 gerai per 30 Juni 2008. Jumlah gerai sebanyak itu didukung oleh 11 DC.

Menurut Corporate Communication Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Didit Setiadi, perusahaannya menargetkan akan menambah 500 gerai tahun depan baik dengan cara membangun sendiri maupun dengan pola franchise. Saat ini jumlah gerai milik franchisee-nya sudah sebanyak 532 gerai. Sampai akhir tahun ini, menurut Didit, ditargetkan jumlah gerai Alfamart akan mencapai 2.750.

Dalam hal jumlah gerai, Alfamart merupakan salah satu franchise di Indonesia yang memiliki gerai terbanyak. Alfamart hanya terkalahkan oleh Indomaret yang lebih dulu go public dan saat ini memiliki 3000-an gerai. Namun dilihat dari sisi produktivitas membangun gerai, Alfamart termasuk cepat  mengejar Indomaret. Setiap hari rata-rata ada 1,4 gerai baru Alfamart berdiri di berbagai tempat baik di Jawa maupun di Lampung. Alfmart memang belum merambah daerah lain selain Jawa dan Lampung. Rencana mengembangkan ke wilayah Sumatera lain selain Lampung baru akan ditempuh tahun depan.
Fast Moving Consumer Goods

Meski sudah banyak yang tahu barang apa yang dijual di gerai Alfamart, dengan keluarnya prospektus itu publik makin mendapat informasi jelas di mana positioning Alfamart di depan para konsumennya. Disebutkan, selama ini Alfamart menjual produk makanan dan non makanan dengan komposisi 70% makanan dan sisanya non makanan. Komposisi ini dilihat dari segi omsetnya. Inipun tak selalu sama dari tahun ke tahun, tapi komposisinya sekitar itu 30% non makanan 70% makanan. Sedangkan dari segi geografis, omset terbesar pemasukan Alfamart berasal dari wilayah Jabotabek yang menyumbang sampai 65% pemasukan secara keseluruhan.

Jenis produk yang dijualnya meliputi barang-barang kebutuhan rumah tangga dasar sehari-hari yang meliputi fast moving consumer goods seperti sabun, shampoo, sikat gigi, susu, telur, makanan dan minuman ringan, rokok, barang-barang personal care serta household care. Jumlah produk yang dijualnya itu mendapat pasokan dari sekitar 400 pemasok. Di antara para pemasok besarnya antara lain PT Unilever Indonesia, PT Nestle Indonesia, PT Frisian Flag Indonesia, PT Sayap Mas Utama, dan sebagainya. Selain perusahaan besar baik lokal maupun multinasional, terdapat juga produk-produk yang disuplay pemasok kecil. 

Sebagai gerai ritel yang menjual kebutuhan rumah tangga, gerai-gerai Alfamart mudah ditemukan di daerah-daerah pemukiman. Omset keseluruhan tahun 2007 lalu mencapai nilai Rp 6 triliun. Tahun ini per 30 Juni 2008 disebutkan omsetnya mencapai Rp 3,6 triliun. Jika berpatokan pada data per 30 Juni itu, jika dipukul rata maka tiap gerai Alfamart menghasilkan omset sebesar sekitar Rp 240 juta sebulan atau sekitar Rp 8 juta sehari.

Alfamart dirintis oleh keluarga Djoko Susanto pada tahun 1989. Pada awalnya usaha yang dijalankan Djoko bergerak di bidang perdagangan dan distribusi rokok dan produk-produk konsumsi lainnya. Setelah itu ia membuka minimarket di bawah naungan PT Alfa Mitrama Utama dengan nama Alfa Minimart. Pada tahun 2002 PT Alfa Mitrama Utama diakuisisi oleh PT Sumber Alfaria Trijaya. Berbarengan dengan itu nama minimarketnya diubah menjadi Alfamart. Saat itu jumlah gerai minimarketnya sudah mencapai 141 gerai.

Di bawah naungan Sumber Alfaria jumlah gerai Alfamart berkembang dengan pesat. Selain menambah gerai sendiri Alfamart juga berkembang pesat dari sistem kerjasama franchise yang mulai diadopsi pada tahun 2003. Sejak diluncurkan program franchise-nya jumlah gerai milik franchisee pada tahun pertama (2003) mencapai 34 gerai. Sepertinya ini memberi gambaran kalau popularitas Alfamart di masyarakat sudah cukup baik. Setelah itu jumlah mereka yang ingin memiliki gerai Alfamart dengan sistem franchise terus meningkat. Hingga  30 Juni 2008 jumlah gerai milik franchisee-nya sudah mencapai 532 gerai, padahal itu hanya ditempuh dalam kurun waktu lima tahun.
Franchise Alfamart
Alfamart menawarkan franchise  dengan investasi mulai dari Rp 425 juta hingga Rp 555 juta. Investasi ini sudah meliputi perkiraan untuk sewa tempat dan kebutuhan investasi lain. Tipe tokonya dibagi berdasarkan luas tempat. Tipe pertama dengan luas toko 90 m2 bisa memajang 46 rak dengan jumlah jenis barang yang dijual mencapai sekitar 3.000 item. Tipe kedua dengan luas antara 90 m2 hingga 150 m2 dengan 45 rak dan sekitar 3.500 item. Dan tipe terakhir dengan luas tempat lebih dari 150 m2 dengan jumlah rak 54 yang memajang sekitar 4.000 item barang.

Rincian investasi paket pertama yang total Rp 300 juta itu, misalnya, sudah meliputi franchise fee yang sebesar Rp 45 juta untuk kerjasama lima tahun. Rincian lainnya meliputi renovasi Rp 120 juta, perijinan Rp 15 juta, perlengkapan toko seperti AC dan sebagainya Rp 70 juta, komputer Rp 20 juta, promosi dan pembukaan toko Rp 20 juta, serta shop sign dan sejenisnya Rp 10 juta.

Mengenai royalty fee Alfamart memberlakukan royalti progresif tergantung omset masing-masing gerai. Jika omsetnya kurang dari Rp 75 juta sebulan royaltinya nol. Jika omsetnya antara Rp 75 juta sampai Rp 100 juta royaltinya 2%. Omset Rp 100 juta hingga Rp 150 juta royaltinya 2,5%. Sedangkan jika omsetnya lebih dari Rp 150 juta PT Sumber Alfaria Trijaya sebagai franchisor mengenakan royalti 3%.

Selain paket franchise itu Alfamart juga menawarkan investasi bagi hasil bagi investor yang memiliki tempat yang menurut Alfamart sangat strategis. Alfamart akan membangunkan gerai Alfamart di tempat itu dengan sistem bagi hasil dengan porsi pembagian tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Dilihat dari komposisi kepemilikan gerai seperti yang tergambar di prospektusnya, justru model seperti ini yang paling besar yang mencapai 1969 gerai.

Nah, sekarang tinggal memilih cara mana untuk bisa memiliki gerai minimarket Alfamart. Jika cara itu masih belum memenuhi syarat atau minat, bisa juga dengan beli sahamnya mulai Januari mendatang. (DEN)



sumber:http://www.majalahduit.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2507:investasi-di-alfamart-lewat-pasar-modal&catid=35:cat-franchise&Itemid=2

2 comments:

galeri pojokplastik said...

KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
SELURUH INDONESIA
DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
CASH / TUNAI

DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

0812 9598 1587

galeripojokplastik.blogspot.co.id

rossa stanley loan said...

HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR
DARI-rossastanleyloancompany

                          Apakah Anda memerlukan kredit yang mendesak?

* Sangat Cepat dan Transfer Instan ke rekening bank anda
* Biaya kembali di bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman Anda di bank Anda
akun bank
* Tingkat bunga rendah 2%
* Long term payback (1-20) Long
* Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
*. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
pembiayaan dalam 48Hours setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
dari kru Pada perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang memberikan kemudahan pinjaman gratis kepada individu-individu yang berpikiran tulus, serius, perusahaan, badan hukum dan masyarakat umum dengan tingkat bunga 2%. Kami memiliki akses ke kumpulan uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besarnya, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami berada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda.

Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan rekam jejak pelayanan yang memberikan kebebasan finansial kepada negara-negara bersatu (PBB).
Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang meminta untuk mendirikan bisnis Anda, belilah rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami via,

  E-mail resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
  Viber resmi: +15186756750
  Instagram resmi: Rossamikefavor
  Twitter resmi: Rossastanlyloan
  Official Facebook: rossa stanley favor

untuk respon cepat dan cepat ....
Mohon mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7
                            
                                   DATA PEMOHON

1) Nama Lengkap:

2) Negara:

3) Alamat:

4) Jenis Kelamin:

5) Status Perkawinan:

6) Pekerjaan:

7) Nomor Telepon:

8) posisi saat ini di tempat kerja:

9) Penghasilan Bulanan:

10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:

11) Durasi Pinjaman:

12) nama facebook:

13) nomor Whatsapp:

14) Agama:

15) Tanggal lahir:

16) Nomor Viber


SALAM,
Mrs.Rossa Stanley Favor
ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
Email rossastanleyloancompany@gmail.com

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host